DBS Foundation mengumumkan pemberian dana hibah sebesar 950.000 SGD atau setara dengan Rp11,5 miliar kepada lima perusahaan sosial asal Indonesia melalui DBS Foundation Grant Program 2024. Hibah ini bertujuan untuk membantu perusahaan-perusahaan tersebut mengembangkan bisnis mereka dan memperluas dampak positif bagi komunitas rentan.
Kelima perusahaan sosial Indonesia yang terpilih adalah Komodo Water, Aliet Green, Adena Coffee, JAVA FRESH, dan GandengTangan. Mereka berhasil bersaing dengan 155 pelamar lainnya dari Indonesia. Setiap perusahaan memiliki fokus yang berbeda dalam memberikan dampak sosial, mulai dari penyediaan air bersih hingga pemberdayaan petani kopi.
Adena Coffee akan menggunakan hibah untuk memberdayakan petani kecil di Gayo melalui praktik perkebunan kopi berkelanjutan, mengoptimalkan rantai pasok, membangun fasilitas standarisasi, dan memperluas akses ke pasar global. Aliet Green, yang memproduksi bahan makanan organik regeneratif, akan mengembangkan aplikasi dan meningkatkan kapasitas untuk metode pertanian berkelanjutan, dengan fokus pada pemberdayaan perempuan dan pengolahan gula kelapa bersertifikat Fair Trade. GandengTangan, yang menyediakan pembiayaan dan edukasi keuangan untuk UMKM, akan memperkuat dan memperluas kemitraan strategis mereka. JAVA FRESH akan menghubungkan petani kecil dan perempuan yang terpinggirkan ke pasar buah global, mendukung penelitian dan pengembangan teknologi, meningkatkan fasilitas, dan memberdayakan petani untuk memenuhi standar global. Sementara itu, Komodo Water akan menggunakan hibah untuk menambah fasilitas di dua lokasi baru dan meningkatkan kapasitas produksi, memberikan akses dan pengelolaan air yang berkelanjutan bagi masyarakat pesisir di Indonesia Timur.
DBS Foundation tidak hanya memberikan dana hibah, tetapi juga membekali para pemenang dengan pengetahuan untuk mengembangkan bisnis, mentoring dan pendampingan, serta kesempatan *networking*. Secara keseluruhan, program-program yang dikembangkan oleh perusahaan berdampak sosial dengan dana hibah ini diproyeksikan akan memberikan manfaat bagi lebih dari 64.000 orang, mendorong Indonesia yang lebih inklusif, terberdayakan, dan lestari. Head of Group Strategic Marketing & Communications PT Bank DBS Indonesia, Mona Monika, menyatakan kebanggaannya menyambut kelima perusahaan tersebut ke dalam ekosistem DBS Foundation. Mona menambahkan bahwa para pemenang memiliki semangat yang selaras dengan DBS Foundation dalam menyelesaikan tantangan sosial dan memiliki model bisnis yang inovatif, berkelanjutan, dan berpotensi untuk berekspansi.
0 Komentar